Tutoril Mail Merge
di Microsoft Word + Excel
Langkah awal adalah membuat surat seperti contoh di bawah
ini :
Lalu buka Microsoft Excel.
Buatlah data penerima sesuai dengan format surat yang tadi (Nama, NISN, Tempat,
Tanggal lahir). Lalu simpan di folder yang mudah dicari/digabungkan dengan
folder dokumen surat.
Kemudian klik menu MAILINGS, klik Select Recipients lalu pilih yang Use an Existing List
Setelah itu pilih file Excel
yang tadi sudah disimpan. Klik Open
Pilih tabel yang akan
dimasukkan datanya. Defaultnya kamu bisa pilih di Sheet1. Kemudian ceklis pada
bagian First row of data contains column
headers. Klik OK
Kembali pada surat tadi.
Arahkan kursor ke kolom bagian NAMA, kemudian masih pada menu Mailings, pilih Insert Merge Field, lalu pilih header Nama.
Lakukan hal yang sama pada
kolom lainnya. Akan muncul tulisan seperti ini.
Kemudian klik Finish & Merge, pilih Print Documents.
Jika muncul pop up seperti
ini, pilih All lalu klik OK
Pada jendela Print pilih Nama printer ke Microsoft XPS
Document Writer, Klik OK
Langkah terakhir kamu bisa
save file surat kamu di folder mana saja. Pastikan save as type-nya OpenXPS Document
(*.oxps). Klik Save
selesai.
Kamu bisa buka file oxps tadi dan kolomnya sudah terisi dengan data sesuai dengan
yang kamu buat tadi.
SELESAI.
Tidak ada komentar:
Write komentar